5 Penyakit Berbahaya Ini Sering Menyerang Ibu HamilSelama proses kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah daya tahan tubuh dan proses reaksi terhadap hal-hal tertentu yang berbeda. Hal ini membuat ibu hamil rentan terserang penyakit. Banyak sekali jenis penyakit berbahaya yang bisa menyerang ibu hamil.

Penyakit tersebut juga bisa berdampak pada janin jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, anda wajib tahu apa saja penyakit-penyakit berbahaya ini agar bisa mengantisipasinya secara baik sebelum menyerang.

Penyakit-penyakit ini sebenarnya bisa saja menyerang wanita di luar kehamilan. hanya saja jika diderita oleh ibu hamil dampaknya lebih besar bagi kesehatan janin. Maka dari itu, diperlukan antisipasi dan penanganan ekstra agar tidak membahayakan keduanya.

Mencegah memang lebih baik dari mengobati. Oleh sebab itu, anda mesti tahu apa saja penyakit-penyakit berbahaya ini agar anda bisa mengantisipasinya lebih dini. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Penyakit Berbahaya Yang Sering Menyerang Ibu Hamil

  1. Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan Hemoglobin. Kadar sel darah merah yang dimiliki oleh ibu hamil di bawah 11 gram. Penyakit yang juga sering disebut kekurangan darah ini bisa memicu tubuh ibu hamil mudah lemas dan aliran darah ke rahim menjadi terhambat.

Efek buruknya juga bisa memicu pendarahan ketika persalinan. Aliran nutrisi untuk janinpun menjadi terhambat sehingga pertumbuhannya kurang optimal. Penyakit yang memiliki gejala wajah pucat, sering merasa pusing dan kurang nafsu makan ini, disebabkan karena kekurangan zat besi, sering muntah, hingga makan tidak teratur.

  1. Toksoplasma

Toksoplasma merupakan sejenis penyakit parasit yang biasanya ada pada hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Ibu hamil sangat beresiko terinfeksi bakteri satu ini. Pasalnya saat mengandung, tubuh ibu hamil sangat sensitif terutama pada bakteri.

Penyakit infeksi bakteri ini bisa menyebabkan kejang-kejang serta infeksi hingga pada janin. Gejalanya sendiri meliputi demam, penglihatan terganggu, sampai kejang-kejang. Menjaga kebersihan lingkungan dan hewan peliharaan sangat efektif untuk mencegah terjangkitnya penyakit satu ini.

  1. Preeklamsia

Preeklamsia adalah penyakit darah tinggi yang diderita ibu hamil. Penyebabnya adalah kelebihan protein di dalam urine. Tekanana darah yang tinggi akan menyebabkan pembuluh darah pada uterus membengkak. Efeknya perkembangan janin menjadi terhambat.

Selain itu untuk persalinannya sendiri juga cukup beresiko sehingga memerlukan penanganan khusus. Ibu hamil wajib memeriksakan kandungannya secara rutin, terutama mengecek kadar tekanan darahnya.

  1. Diabetes

Penyakit yang juga sering disebut kencing manis ini kebanyakan menyerang ibu hamil di usia kandungan trimester kedua. Tak jarang pula ada yang normal pasca melahirkan atau yang berkelanjutan. Penyebabnya sendiri karena pankreas tidak mampu menghasilkan insulin karena kadar gula darahnya diatas normal.

Penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi ini mesti anda hindari. Pasalnya jika sampai tahap komplikasi, maka akan membuat perkembangan janin dan kesehatannya menjadi terganggu. Teliti asupan glukosa anda agar tidak berlebihan.

  1. Lemah jantung

Selain darah tinggi, ibu hamil juga rentan mengalami pelemahan fungsi jantung. Gejalanya sendiri meliputi sulit bernafas, jantung berdebar, dada terasa nyeri, sampai kaki bengkak. Jantung yang merupakan organ vital untuk memompa darah mesti dalam kondisi stabil agar tidak mempengaruhi kesehatan anda dan janin.

Penyebabnya sendiri bisa berasal dari stress sampai kekurangan asupan nutrisi. Rutin chek-up ke dokter kandungan sangat efektif untuk mencegah penyakit satu ini.

Demikianlah berbagai macam penyakit yang kerap menyerang ibu hamil sehingga anda mesti mewaspadainya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk rutin periksa ke dokter kandungan.