5 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan KehamilanMeskipun bentuknya sangat kecil, ternyata banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun kelor. Daun dengan ukuran mini ini juga disebut sebagai Moringa. Banyak yang menganggap daun berukuran kecil ini hanya sebatas sebagai penghias rumah atau pekarangan saja.

Namun akhir-akhir ini banyak yang memanfaatkannya sebagai media untuk menangkal sihir serta berbagai macam pengobatan lainnya. Hal ini bukannya tanpa alasan karena di dalam daun kelor ini nutrisi yang sangat melimpah jenis dan jumlahnya.

Nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kehamilan. bagi ibu hamil yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar serta janin yang tumbuh secara optimal, daun kelor bisa menjadi salah satu alternatif makanan sehat anda. biasanya daun berukuran kecil ini diolah menjadi sayur kuah bening atau sebagai lalapan.

Kandungan vitamin C, A, kalium, hingga serat di dalamnya bisa menjadi asupan berharga bagi kesehatan janin. Berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai manfaat daun kelor bagi kehamilan.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kehamilan

  1. Memaksimalkan perkembangan janin

Meskipun ukuran daunnya kecil, daun kelor memiliki nutrisi yang sangat melimpah. di dalamnya, anda bisa menjumpai kalsium, kalium, vitamin A,C hingga E. Nutrisi yang ada di dalam daun kelor ini sangat efektif untuk memaksimalkan asupan nutrisi yang didapatkan oleh janin.

Perkembangannya pun menjadi lebih optimal. Dengan demikian, risiko cacat lahir dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya pun bisa dicegah.

  1. Menurunkan resiko peradangan

Peradangan merupakan gangguan yang kerap terjadi selama kehamilan. kurangnya daya tahan tubuh terhadap virus dan penyakit membuat potensi peradangan menjadi lebih tinggi. Daun kelor mampu menekan enzim dalam tubuh sehingga proses inflamasi bisa diminimalisir.

Berbagai macam penyakit akibat peradangan pun bisa diturunkan resikonya. Anda bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara direbus airnya atau dimasak menjadi sayur bening.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat rentan dialami oleh ibu hamil. Daun kelor bekerja sebagai pengurang kadar lipid serta gula darah dalam tubuh. gula darah pun menjadi lebih stabil kadarnya sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir akan penyakit berbahaya ini.

Kerusakan metabolisme dan sel yang disebabkan oleh diabetes pun menjadi cepat pulih. Konsumsi daun kelor secara teratur untuk meminimalisir resiko komplikasi diabetes.

  1. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf janin

Kandungan vitamin C dan E di dalam daun yang juga kerap disebut sebagai Moringa ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf janin. Bagi ibu hamil pun nutrisi tersebut memberikan efek yang sama. Khusus bagi ibu hamil, kedua nutrisi tersebut efektif mencegah penurunan fungsi saraf dan otak.

Efeknya akan membat kondisi hati dan mood lebih stabil. Bahaya baby blues setelah melahirkan pun bisa dicegah dengan sistem otak yang stabil.

  1. Melawan infeksi

Daun kelor mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya sangat efektif untuk melawan berbagai macam infeksi dalam tubuh. mulai dari infeksi virus atau kuman. Infeksi bisa menyebabkan berbagai masalah.

Yang paling berbahaya adalah bisa membuat janin gagal tumbuh di dalam rahim dan berakibat keguguran. Oleh sebab itu diperlukan sistem imun yang baik. dan antioksidan pada daun kelor sangat efektif untuk melawan infeksi.

Demikian berbagai macam manfaat daun kelor bagi kesehatan kehamilan. Semoga bermanfaat menambah informasi untuk anda.